30 Lagu Nasional Indonesia Beserta Lirik, Pencipta, dan Sejarahnya!

Indonesia mempunyai rasa nasionalisme yang sangat tinggi daripada negara-negara lain. Bukan hanya orang yang sudah tua saja bahkan anak muda juga sama. Mengenal dan menghafal lagu-lagu nasional sangatlah penting untuk menanamkan rasa persatuan, kesatuan dan kecintaan terhadap Indonesia. Lagu nasional bukan lagu yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Sejak kecil, kita sudah diajarkan di sekolah berbagai lagu nasional demi memupuk rasa kebanggaan terhadap tanah air.

Selain lagu nasional, kita juga diajarkan untuk menyanyikan lagu kebangsaan. Meski keduanya merupakan lagu yang penting tetapi lagu kebangsaan derajatnya lebih tinggi daripada lagu nasional. Apa yang membedakan di antara keduanya? Yuk simak penjelasan mengenai perbedaan lagu nasional dan lagu kebangsaan beserta manfaat dan contohnya berikut ini.

Lihat Juga : 150 Kata – Kata Keren Terbaik, Cocok untuk Caption IG, FB, WA

Perbedaan lagu nasional dan kebangsaan

Perbedaan Lagu Nasional Dengan Kebangsaan
Sumber Gambar : gramedia.com

Lagu nasional

lagu nasional adalah lagu yang isinya tentang rasa cinta kepada sebuah negara yang bertujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan semangat perjuangan, lagu nasional terdiri atas banyak lagu. Selain itu, tema untuk lagu nasional juga jauh lebih beragam, mulai dari lagu yang mengisahkan tentang perjuangan pahlawan bangsa, lagu tentang kejadian zaman penjajahan, hingga lagu yang menggambarkan tentang indahnya negara Indonesia.

Lagu kebangsaan

Menurut situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, lagu kebangsaan adalah lambang negara yang menjadi simbol persatuan dan kebanggaan masyarakat Indonesia. Indonesia memiliki lagu “Indonesia Raya” sebagai lagu kebangsaannya. Lagu ini diciptakan oleh seorang komponis dan guru bernama Wage Rudolf Soepratman pada tahun 1924.

Lagu kebangsaan ini diatur dalam Undang – Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan. Berbeda halnya dengan lagu nasional, lagu kebangsaan diatur oleh undang-undang dan tidak boleh dinyanyikan sembarangan, apalagi diubah isi maupun nadanya.

Lihat Juga : 150 Kata – Kata Kemerdekaan yang Menginspirasi

Manfaat menyanyikan lagu nasional

Manfaat Menyanyikan Lagu Nasional
Sumber Gambar : tokopedia.com

1. Mengajarkan pengetahuan tentang sejarah Indonesia

Salah satu cara paling mudah untuk mengajarkan anak-anak dalam pelajaran sejarah adalah melalui lagu-lagu nasional. Kamu bisa memilih lagu-lagu nasional yang memiliki lirik sederhana dan tidak terlalu panjang, sehingga lebih mudah dimengerti oleh anak-anak. Selain lagunya, kamu juga bisa menceritakan tentang sejarah di balik lagu tersebut dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti

2. Memperkaya pengetahuan anak mengenai musik

Musik adalah salah satu cara paling menyenangkan untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang pengetahuan baru. Selain belajar lagu anak-anak, para orang tua juga bisa mengenalkan mereka lagu-lagu nasional sejak mereka kecil. Mereka memang belum mengetahui makna maupun liriknya, tetapi lagu-lagu nasional akan memperkaya pengetahuan mereka tentang musik, terlebih lagu-lagu nasional adalah musik asli karya para komponis ternama Indonesia.

3. Mendapatkan pesan positif

Lagu nasional mempunyai banyak pesan positif dan aman untuk didengarkan oleh semua umur, termasuk oleh anak-anak kecil dan para generasi muda. Mengajarkan lagu-lagu nasional kepada anak-anak akan membuat mereka mendapatkan banyak pesan positif, apalagi kebanyakan lagu nasional memiliki lirik yang sederhana, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak sekalipun.

4. Memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air

Rasa nasionalisme dan cinta tanah air sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena merupakan wujud kecintaan dan kehormatan terhadap bangsa sendiri. Salah satu wujud rasa nasionalisme yaitu dengan menghafal dan menyanyikan lagu nasional.

Lihat Juga : 150 Kata – Kata Gaul Jaman Now, Kekinian Banget!

Kumpulan lagu nasional beserta lirik dan penciptanya

Kumpulan Lagu Nasional
Sumber Gambar : pikiran-rakyat.com

1. Hari merdeka ciptaan “Husein Mutahar”

Hari Merdeka dapat dikatakan sebagai lagu yang wajib dinyanyikan pada hari perayaan kemerdekaan Indonesia. Menariknya, lagu ini tidak diciptakan pada 1945, melainkan tahun 1946 atau satu tahun setelah Indonesia merdeka. Saat itu, Presiden Soekarno meminta Husein Mutahar menciptakan sebuah lagu untuk penghormatan pada pagi hari atau yang dikenal dengan istilah aubade. Husein Mutahar pun menciptakan lagu Hari Merdeka yang terinspirasi dari hari kemerdekaan Indonesia.

Lirik lagu “Hari Merdeka”

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka….

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih dikandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka…

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih dikandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

Tujuh belas Agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka…

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih dikandung badan
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita
Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

2. Garuda Pancasila ciptaan “Prohar Soedharnoto”

Lagu ini sebenarnya lebih cocok dinyanyikan pada Hari Lahir Pancasila, yaitu tanggal 1 Juni, tetapi lagu ini juga sering dinyanyikan saat upacara pengibaran bendera karena lirik dan musiknya yang bernada semangat. Lagu Garuda Pancasila diciptakan oleh Prohar Soedharnoto seorang musisi sekaligus juga pegawai Radio Republik Indonesia (RRI) pada tahun 1956. Awalnya, lagu ini berjudul Mars Pancasila yang kemudian berubah menjadi Garuda Pancasila seperti yang kita kenal sekarang.

Lirik lagu “Garuda Pancasila”

Garuda Pancasila
Akulah pendukungmu

Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa

Pribadi bangsaku
Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

3. Berkibarlah Benderaku ciptaan “Ibu Soed”

Lagu Berkibarlah Benderaku memiliki tempo yang semangat, tetapi siapa sangka jika lagu ini justru terinspirasi dari kisah yang sangat menyentuh. Ibu Soed menciptakan lagu Berkibarlah Benderaku pada 1947. Saat itu, Belanda yang masih berambisi menjajah Indonesia melarang rakyat untuk mengibarkan bendera merah putih. Hal yang sama juga berlaku bagi bendera merah putih yang dikibarkan di gedung RRI. Namun, larangan itu ditentang oleh pimpinan RRI bernama Joesoef Ronodipoero.

Dia bahkan rela mempertaruhkan nyawanya demi bendera merah putih tetap berkibar. Selain itu, dia juga mengatakan jika bendera itu harus turun, bendera itu akan turun bersama nyawanya.

Lirik lagu “Berkibarlah Benderaku”

Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah perwira
Di seluruh pantai Indonesia
Kau tetap pujaan bangsa

Siapa berani menurunkan engkau
Serentak rakyatmu membela
Sang merah putih yang perwira
Berkibarlah selama-lamanya

Kami rakyat Indonesia
Bersedia setiap masa
Mencurahkan segenap tenaga
Supaya kau tetap cemerlang

Tak goyang jiwaku menahan rintangan
Tak gentar rakyatmu berkorban
Sang merah putih yang perwira
Berkibarlah selama-lamanya

4. Bagimu Negeri ciptaan “R. Kusbini”

Lagu Bagimu Negeri memiliki makna yang sangat dalam walaupun liriknya sangat singkat. Lagu ini dinyanyikan pertama kali oleh Ibu Soed di radio milik Jepang. Lagu ini awalnya ditentang oleh Jepang karena khawatir jika lagu ini dapat membangkitkan perlawanan rakyat Indonesia terhadap Jepang. Namun, penciptanya mengatakan bahwa lagu itu bersifat umum, lagipula tidak ada kata “Indonesia” dalam liriknya.

Lirik lagu “Bagimu Negeri”

Padamu negeri kami berjanji
Padamu negeri kami berbakti
Padamu negeri kami mengabdi
Bagimu negeri jiwa raga kami

5. Gugur Bunga ciptaan “Ismail Marzuki”

Lagu Gugur Bunga merupakan lagu yang menyedihkan, baik itu lirik maupun alunan musiknya. Lagu Gugur Bunga diciptakan untuk mengenang para pejuang yang gugur dalam usaha membebaskan Indonesia dari cengkraman Belanda tahun 1945 hingga 1949.

Lirik lagu “Gugur Bunga”

Betapa hatiku takkan pilu
Telah gugur pahlawanku
Betapa hatiku takkan sedih
Hamba ditinggal sendiri

Siapakah kini plipur lara
Nan setia dan perwira
Siapakah kini pahlawan hati
Pembela bangsa sejati

Telah gugur pahlawanku
Tunai soedah janji bakti
Gugur satu tumbuh seribu
Tanah air jaya sakti

Gugur bungaku di taman bakti
Di haribaan pertiwi
Harum semerbak menambahkan sari
Tanah air jaya sakti

6. Indonesia Pusaka ciptaan “Ismail Marzuki”

lagu Indonesia Pusaka diciptakan pada tahun 1949. lagu ini juga mempunyai lirik yang menyentuh dan membuat kita semakin mencintai Indonesia.

Lirik lagu “Indonesia Pusaka”

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa
Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Sungguh indah tanah air beta
Tiada bandingnya di dunia
Karya indah Tuhan Maha Kuasa
Bagi bangsa yang memujanya
Indonesia Ibu Pertiwi
Kau ku puja kau ku kasihi
Tenagaku bahkan pun jiwaku
Kepadamu rela kuberi

7. Ibu Pertiwi ciptaan “Ismail Marzuki dan Kamsidi Samsoeddin”

Lagu ini lebih populer di masyarakat pada momen-momen tertentu terutama saat Indonesia sedang dirundung duka. Untuk penciptanya sendiri, ada dua versi yang beredar. Pertama, mengatakan bahwa lagu Ibu Pertiwi diciptakan oleh Ismail Marzuki, sedangkan versi lainnya menyebutkan jika lagu ini diciptakan oleh komposer Kamsidi Samsoeddin tahun 1908. Berbeda dengan lagu lain yang memberikan semangat, lirik lagu Ibu Pertiwi justru sangat sedih, yakni tentang negara yang sedang dilanda musibah.

Lirik lagu “Ibu Pertiwi”

Kulihat ibu pertiwi
Sedang bersusah hati
Air matanya berlinang
Mas intannya terkenang

Hutan gunung sawah lautan
Simpanan kekayaan
Kini ibu sedang lara
Merintih dan berdoa

Kulihat ibu pertiwi
Kami datang berbakti
Lihatlah putra-putrimu
Menggembirakan ibu

Ibu kami tetap cinta
Putramu yang setia
Menjaga harta pusaka
Untuk nusa dan bangsa

Kulihat ibu pertiwi
Sedang bersusah hati
Air matanya berlinang
Mas intannya terkenang

Hutan gunung sawah lautan
Simpanan kekayaan
Kini ibu sedang lara
Merintih dan berdoa

Menjaga harta pusaka
Untuk nusa dan bangsa

8. Bangun Pemuda-Pemudi ciptaan “Alfred Simanjuntak”

Lagu Bangun Pemuda-Pemudi juga mempunyai lirik yang simpel. Namun, lagu sederhana ini juga dapat menimbulkan masalah pada masa lalu. Ketika menciptakan lagu ini, Indonesia masih berada di bawah pendudukan Jepang pada 1943. Alfred Simanjuntak yang bekerja sebagai guru sekolah rakyat kemudian diburu oleh militer Jepang karena telah berani menciptakan dan memperdengarkan lagu ini kepada banyak orang.

Lirik lagu “Bangun Pemuda Pemudi”

Bangun pemudi pemuda Indonesia
Tangan bajumu singsingkan untuk negara
Masa yang akan datang kewajibanmu lah
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Menjadi tanggunganmu terhadap nusa
Soedi tetap berusaha jujur dan ikhlas
Tak usah banyak bicara trus kerja keras
Hati teguh dan lurus pikir tetap jernih
Bertingkah laku halus hai putra negri
Bertingkah laku halus hai putra negri

9. Tanah Airku Ciptaan “Ibu Soed”

Tanah Airku merupakan lagu yang menggambarkan mengenai keindahan alam Indonesia. Lagu ini juga sering digunakan sebagai lagu penutup siaran di beberapa stasiun TV swasta di Indonesia.

Lirik lagu Tanah Airku

Tanah airku tidak kulupakan

Kan terkenang selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh Tidak kan hilang dari kalbu

Tanah ku yang kucintai

Engkau kuhargai

Walaupun banyak negri kujalani

Yang masyhur permai dikata orang

Tetapi kampung dan rumahku

Di sanalah kurasa senang

Tanahku tak kulupakan

Engkau kubanggakan

Bagimu negri

Padamu negeri kami berjanji

Padamu negeri kami berbakti

Padamu negeri kami mengabdi

Bagimu negeri jiwa raga kami

Padamu negeri kami berjanji

Padamu negeri kami berbakti

Padamu negeri kami mengabdi

Bagimu negeri jiwa raga kami

10. Satu Nusa Satu Bangsa pencipta “L.Manik”

Lagu Satu Nusa Satu Bangsa diciptakan pada tahun 1947. Makna yang terkandung di dalamnya mengajarkan pentingnya kesatuan dan persatuan.

Lirik lagu Satu Nusa Satu Bangsa

Satu nusa satu bangsa

Satu bahasa kita

Tanah Air pasti jaya

Untuk selama-lamanya

Indonesia pusaka

Indonesia tercinta

Nusa bangsa dan bahasa

Kita bela bersama

11. Maju tak gentar ciptaan “C. Simanjuntak”

Maju Tak Gentar diciptakan Cornel Simanjuntak saat masa penjajahan yang bertujuan untuk meningkatkan semangat perjuangan dan juga rasa nasionalisme.

Lirik lagu Maju Tak Gentar

Maju tak gentar Membela yang benar

Maju tak gentar Hak kita diserang

Maju serentak Mengusir penyerang

Maju serentak Tentu kita menang

Bergerak bergerak

Serentak serentak

Menerkam menerjang terkam

Tak gentar tak gentar

Menyerang menyerang

Majulah majulah menang

12. Mengheningkan cipta ciptaan “T. Prawit”

Lagu yang satu diciptakan untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur demi membela nusa bangsa. Biasanya dinyanyikan saat upacara bendera.

Lirik lagu Mengheningkan Cipta

Dengan seluruh angkasa raya memuji

Pahlawan negara

Nan gugur remaja diribaan bendera

Bela nusa bangsa

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa

Harga jasa

Kau cahya pelita

Bagi Indonesia merdeka

13. Bangun Bangsaku ciptaan “Binsar Sitompul

Melalui lagu ini para pemuda diajak untuk mempererat persatuan serta rela berkorban demi bangsa dan negara.

Lirik lagu Bangun Bangsaku

Bangun bangsa Indonesia
Ingat sumpahmu bersama
Ikrar sakti seluruh bangsa
Rakyat yang adil sejahtera
Jiwa raga kita korbankan
Kini saatnya cita kita menang
Ayo bangsa galang persatuan
Lihat sang surya t’lah tinggi
Ayo mari bangun segera nusa dan bangsa bahagia

14. Indonesia tumpah darahku ciptaan “Ibu Soed”

Lagu Indonesia Tumpah Darahku menceritakan mengenai keindahan alam Indonesia yang kaya akan sumber daya yang melimpah.

Lirik lagu Indonesia tumpah darahku

Di manakah sawah luas menghijau

Di manakah bukit biru menghimbau

Itu tanahku tumpah darahku

Tanah pusaka yang kaya raya

Harum namanya Indonesia

Di mana puput berbunyi merdu

Di bawah gunung lembah yang biru

Itu tanahku tumpah darahku

Tanah pusaka aman sentosa

Harum namanya Indonesia

Di mana nyiur melambai-lambai

Di mana padi masak mengurai

Itu tanahku tumpah darahku

Tanah pusaka bahagia mulya

Harum namanya Indonesia

15. Rayuan pulau kelapa ciptaan “Ismail Marzuki”

Rayuan Pulau Kelapa menceritakan mengenai keindahan alam Indonesia, seperti flora & fauna, kepulauannya, dan pantainya. Rayuan Pulau Kelapa menjadi lagu favoirt bagi kalangan ekspatriat Indonesia, terutama yang bermukim di Belanda sekitar tahun 1940-an dan 1950-an setelah kemerdekaan Indonesia.

Lirik lagu rayuan kelapa

Tanah airku Indonesia

Negeri elok amat kucinta

Tanah tumpah darahku yang mulia

Yang ku puja sepanjang masa

Tanah airku aman dan makmur

Pulau kelapa yang amat subur

Pulau melati pujaan bangsa

Sejak dulu kala

Melambai-lambai nyiur di pantai

Berbisik-bisik Raja Kelana

Memuja pulau nan indah permai

Tanah airku, Indonesia

16. Indah tanahku ciptaan “Sancaya H.R”

Lagu ini menceritakan keindahan Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Lirik lagu Indah Tanahku

Bagaikan intan permata

Tanahku Indonesia

Dari Sabang ke Merauke

Dari Rote ke Tahuna

Samudra luas terbentang

Gunung tinggi menjulang

Hutan rimba alam raya

Indah permai semata

Ku persembahkan lagu ini memuja ‘Indah Tanahku’

Sampai masa akhir hayatku kucintai dia selalu

17. Gebyar – gebyar ciptaan “Gomloh atau Soedjarwoto Soemarsono”

Lagu Gebyar-gebyar menceritakan tentang persatuan dan kesatuan.

Lirik lagu gebyar-gebyar

Indonesia

Merah darahku

Putih tulangku

Bersatu dalam semangatku

Indonesia

Detak jantungku

Denyut nadiku

Berpadu dalam cita-citaku

Gebyar gebyar pelangi jingga

Indonesia tumpah darahku

Napas hidupku

Bersatu di dalam alammu

Indonesia satu bangsaku dan bahasaku

Berpadu di dalam ciptamu

Gebyar-gebyar pelangi jingga

18. Dirgahayu Indonesiaku ciptaan “H. Mutahar”

Dirgahayu berarti berumur panjang. Lagu ini bermakna kemerdekaan bagi Indonesia.

Lirik lagu Dirgahayu Indonesiaku

Dirgahayu Indonesiaku

Negeri dan bangsa yang ku sayangi

Aneka suka dan duka penempaan Tuhanlah kita jalani

Sadar tahan ditempa Tuhan

Agar kita jadi bijak bestari

Ikhlas bakti membina bangsa

Yang adil dan beradab

Dirgahayu Indonesiaku

Negeri dan bangsaku

Yang kita sayangi

19. Bhinneka Tunggal Ika ciptaan “B. Sitompul”

Lagu Bhineka Tunggal Ika melukiskan keberagaman Indonesia namun tetap satu jiwa.

Lirik lagu Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika

Lambang negara kita Republik Indonesia

Beribu pulaunya

Berjuta rakyatnya

Namun satu cintanya

Bhineka Tunggal Ika

Ikrar kita bersama

Kita bina selama persatuan bangsa

Kesatuan jiwa Indonesia bahagia

20. Bendera Kita ciptaan “R. Dirman Sasmokoadi”

Lagu ini bercerita soal bendera merah putih. Serta artinya yang melambangkan keberanian dan kesucian.

Lirik lagu Bendera Kita

Lihat bendera kita

Merah putih

Berkibar di udara

Megah perwira

Merah berarti berani

Putih berarti suci

Itulah jiwa kita Indonesia

21. Syukur ciptaan “H. Mutahar”

Lagu ini bermakna ungkapan rasa syukur atas karunia dari Sang Pencipta yang telah memberikan nikmat kemerdekaan bagi Indonesia.

Lirik lagu Syukur

Dari yakinku teguh

Hati ikhlasku penuh

Akan karunia-Mu

Tanah air pusaka

Indonesia merdeka

Syukur aku sembahkan

Kehadirat-Mu Tuhan

Dari yakinku teguh

Hati ikhlasku penuh

Akan jasa usahamu

Pahlawanku yang baka

Indonesia merdeka

Syukur aku hunjukan

Ke bawah duli Tuhan

Dari yakin ku teguh

Bakti ikhlasku penuh

Akan asas rukunmu

Pandu bangsa yang nyata

Indonesia merdeka

Syukur aku hunjukan

Kehadapan-Mu Tuhan

Indonesia tetap merdeka

Sorak sorak bergembira

Bergembira semua

Soedah bebas negeri kita

Indonesia merdeka

Indonesia merdeka

Republik Indonesia

Itulah hak milik kita

Untuk selama-lamanya

Sadar-sadar hai pemuda

Bergembira semua

Kau tetap asuhan

Jiwa Indonesia merdeka

Bangkit-bangkit hai satria

Bergembira semua

Jembatan telah tersedia

Indonesia merdeka

Maut pun mengancam kita

Bergembira semua

Belalah tumpahan darah

Indonesia merdeka

22. Ibu Kita Kartini ciptaan “W.R. Supratman”

Kartini dikenal sebagai sosok pejuang emansipasi bagi kaum perempuan. Persis seperti yang disebutkan melalui lirik lagu ini.

Lirik lagu Ibu Kita Kartini

Ibu kita kartini

Putri sejati

Putri Indonesia

Harum namanya

Ibu kita kartini

Pendekar bangsa

Pendekar kaumnya untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini

Putri yang mulia

Sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia

Ibu kita Kartini

Putri jauhari

Putri yang berjasa

Se-Indonesia

Ibu kita Kartini

Putri yang suci

Putri yang merdeka cita-citanya

Ibu kita Kartini

Pendekar putri

Pendekar kamu ibu

Tanah airku

Ibu kita Kartini

Penyuluh budi

Penyuluh kaumnya

Karena cintanya

23. Hymne guru ciptaan “Sartono”

Hymne Guru menceritakan perihal seorang guru yang berjasa untuk murid-muridnya. Bahkan digambarkan sebagai patriot pahlawan tanpa tanda jasa. Lagu ini diciptakan Sartono pada tahun 1980.

Lirik Lagu Hymne Guru

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru

Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku

Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku

Sebagai prasasti terima kasihku tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

24. Halo – Halo Bandung ciptaan “Ismail Marzuki”

Lagu ini ditulis berdasarkan peristiwa masa silam, Bandung Lautan Api.

Lirik lagu Halo – Halo Bandung

Halo-halo Bandung

Ibu kota Periangan

Halo-halo Bandung

Kota kenang-kenangan

Soedah lama beta

Tidak berjumpa dengan kau

Sekarang soedah menjadi lautan api

Mari bung rebut kembali

25. Dari Sabang Sampai Merauke ciptaan “R. Soeharjo”

Sebenarnya lagu ini awalnya diberi judul Dari Barat Sampai ke Timur kemudian diubah atas saran dari Soekarno sehingga judulnya menjadi Dari Sabang Sampai Merauke. Persis seperti kondisi geografis Indonesia yang melintang dari Sabang sampai Merauke.

Lirik lagu Sabang Sampai Merauke

Dari Sabang sampai Merauke

Berjajar pulau pulau

Sambung menyambung menjadi satu

Itulah Indonesia

Indonesia tanah airku

Aku berjanji padamu

Menjunjung tanah airku

Tanah airku Indonesia

26. Bendera Merah Putih ciptaan “Ibu Soed”

Seperti judul dan lirik lagunya, lagu ini menggambarkan tentang rasa cinta dan bangga terhadap salah satu simbol negara Indonesia yakni bendera merah putih.

Lirik lagu Bendera Merah Putih

Bendera tanah airku

Gagah dan jernih tampak warnamu

Berkibaran di langit yang biru

Bendera merah putih

Bendera bangsaku

Bendera merah putih

Pelambang berani dan suci

Siap selalu kami berbakti

Untuk bangsa dan Ibu Pertiwi

Bendera merah putih

Terimalah salamku

Lihat Juga : 40 Kata – Kata BJ Habibie, Bapak Teknologi Indonesia

Penutup

Itulah penjelasan mengenai perbedaan lagu nasional dan lagu kebangsaan beserta contoh dan liriknya yang bisa kamu pelajari. Lagu nasional tidak hanya mempunyai makna yang mendalam tetapi juga mempunyai sejarah yang menarik untuk diketahui. Jadi dari 26 contoh lagu nasional diatas, manakah yang menjadi favorit kalian?

Dalam acara apa kita harus menyanyikan lagu nasional?

lagu nasional dinyanyikan pada saat upacara memperingati hari pahlawan, kemerdekaan Indonesia, lahirnya Pancasila, dalam rangkaian program pendidikan dan pengajaran di sekolah serta dalam acara kompetisi.

Apa tujuan menyanyikan lagu nasional?

Untuk mengenang atau mengapresiasi jasa pahlawan serta meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air yang tinggi bagi generasi selanjutnya.

Apa perbedaan yang paling signifikan dari lagu nasional dan lagu kebangsaan?

Lagu kebangsaan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan serta tidak boleh dinyanyikan sembarangan, apalagi diubah isi maupun nadanya sedangkan isi lagu nasional sangat beragam yakni salah satunya mengisahkan tentang perjuangan pahlawan bangsa, lagu tentang kejadian zaman penjajahan, hingga lagu yang menggambarkan tentang indahnya negara Indonesia.

Mengapa mengenal dan menghafal lagu nasional sangat penting?

Karena untuk menanamkan persatuan, kesatuan dan kecintaan terhadap tanah air. Oleh karena itu, lagu nasional mulai diajarkan sejak kecil demi memupuk rasa kebanggaan terhadap tanah air.


Penulis : Asiyatul Ulfiyah | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait